Track Record berbagi pos  
19 w

19 w

Wayang, Your Nasib... (1)
-------------------------------------------

Apa benar wayang adalah sarana dakwah wali songo? Fiuh.. Gimana membuktikannya? Ada kita punya data valid?

Jawabannya ngga gampang. Karena... jujur aja, kita... nenek moyang kita bukan orang-orang yg dikenal dengan tradisi tulisan. Bangsa kita dulu penganut tradisi oral. Serba mouth-to-mouth. Yes, nenek moyang kita seorang pelaut.

Kalo pun mereka nulis ya.. Mereka ngga nulis dengan "pakem" akademik. Tapi udah campur aduk sama mitos, tahayul, legend, dll. Bahkan sampai sekarang, kita adalah produsen hoax nomer wahid di dunia. Pernah dengar Candi Borobudur katanya buatan Nabi Sulaiman? Wong Fei Hung muslim? Para raja-raja Jawa katanya nasabnya nyambung sama Nabi? Lemuria? Bumi dhathar? Masih banyak hoax2 lokal lainnya masuk to-do-list.

Boleh dibilang, bangsa kita melek nulisnya "agak telat". Pas era pra majapahit dulu, di zaman khalifah abbasiyah harun al rasyid, perpusnya Baitul Hikmah udah punya koleksi puluhan ribu judul buku dari berbagai genre, mulai dari reliji sampai sains.

Kulturnya memang kurang menolong untuk bangsa kita keluar dari buta aksara saat itu. Emang kultur bangsa kita kayak apa sih?

Sebagian "sejarah" kita dibuku2 sekolah, memang nampak didesain sedemikian rupa untuk kepentingan nasionalisme. Misal katanya majapahit pernah menguasai nusantara. Gajah Mada katanya badannya gemuk dan "chubby". Dia sumpah palapa buat nyatukan nusantara, dst2. Blom hikayat kebesaran candi2. Zaman belakangan, ketika ilmu sejarah makin berkembang, semua itu mulai digugat. Why? Karena.. kita kekurangan data valid buat memvalidasi kebenarannya.

In the end... kita rasanya perlu, ditengah terbatasnya data sejarah yg valid, untuk mengembangkan "nalar sejarah". Masuk akal apa ngga?

Misal tadi... Nabi Sulaiman katanya yg bikin candi borobudur. Masuk akal? Ngga ya. OK itu mudah.
Trus para sahabat nabi, seperti Ali bin abi thalib katanya pernah ke Jawa? Masuk akal? Masuk akal klo dia punya pintu kemana aja yg keluar dari kantong doraemon.

OK, Anda udah makin pintar. Sekarang, pernah liat perahu Nabi Nuh katanya ketemu, ada di puncak Gunung Ararat di Turki. Kita punya bukti tertulis bahwa perahu itu sandar disana tanggal sekian tahun sekian? Ngga. Bisa ngga dia ternyata sandar di tempat lain? Bisa banget... Karena lokasi sandarnya itu gelap, ngga ada yg tau Bukit Judi itu dimana.

Logika kita... ketika air bah menyapu dunia dan tidak menyisakan apapun buat membangun kehidupan baru, apa kira-kira yg akan dilakukan? Rubuhin aja kapalnya, kayunya bisa dipake bikin rumah deh. So, kemungkinan kapal itu itu berubah wujud oleh keluarga Nuh sendiri pasca mereka keluar.

------------------------------------------------------------

Sekarang... yakin umat Islam di Indonesia dulu masuk Islam gara2 wayang? Punya datanya ngga? Berapa yang convert gara2 wayang? Coba gantian, gimana nalar temen2 dalam memandang wayang ini. Baru nanti giliran saya punya nalar... di posting selanjutnya.


Written by. Ustad Zico Putra