24 w - Menerjemahkan

Bismillah..

Innalillahi wa Inna ilaihi Raji'un..

Beredar rekaman video detik² Gunung Semeru meletus, dari jarak sangat dekat..

Terdengar teriakan & sayup² suara beberapa wanita & beberapa pria mengucapkan Allahu Akbar, sepertinya mereka sudah terjebak di dalam, tidak bisa melarikan diri, merasa kesakitan, kepanasan terkena hawa panas abu/debunya..
Dan, dikabarkan seseorang yang merekam video ini juga meninggal dunia..

Ya Allah.. terasa sesak dadaku melihat & mendengarnya.. 😭😭😭

Bisa jadi jumlah korban meninggal lebih dari yang diberitakan di televisi.
Bisa jadi masih banyak korban meninggal, mungkin sekeluarga, atau lebih dari 1 kepala keluarga, atau lebih dari 1 kampung.

Semoga Allah Swt mengampuni dosa² mereka.
Semoga Allah Swt menerima taubat, amal baik, dan ibadah mereka.
Semoga Allah Swt melapangkan & menerangkan alam kubur mereka
Semoga Allah Swt mudahkan jalan mereka di alam sana.

Saya dapat video berita ini dari akun seseorang di Instagram._
_Tapi, untuk sumber video beritanya dari tik tok *geryaprilio*

Saya ga maen tiktok jadi ga bisa cek ricek langsung ke akun tik tok geryaprilio. Kalo ada yang punya akun tiktok bisa dicoba cek & ditanyakan langsung ke pemilik akun tik tok tsb untuk memastikan lebih jelas video berita itu.

Infonya, tampilan video gambar lebih jelas & suaranya terdengar lebih jernih melalui tiktok geryaprilio, jadi suara teriakan korban gunung meletus itu pun terdengar lebih jelas

Btw.. Perihal video berita ini, koq bisa beredar, sedangkan si kameramen meninggal dunia ?..

Mungkin kameraman saat kejadian melakukan live streaming, atau mungkin sebelum dia meninggal, dia sempat upload ke media sosialnya, kemudian video di save & dishare orang lain, atau mungkin dia sempat kirim video rekamannya ke grup terbatas di keluarganya, kemudian keluarganya yang nge-share.

Wallahu a'lam

Saya kurang tau pastinya kameraman (orang yang merekam kejadian gunung Semeru meletus) ini selamat atau meninggal. Kalo berdasarkan info yg saya dapatkan, dikabarkan meninggal dunia, tapi harapan saya, siapapun yang merekam musibah ini, mudah²an dia selamat (mudah²an masih hidup), demikian juga semoga masyarakat yang tinggal di lereng Gunung Semeru masih ada yang selamat.

Laa qaula walaa quwwata Illa billah

Beritanya, alat deteksinya itu rusak dari jauh² hari, sudah dilaporkan, tapi belum juga diperbaiki, dan akhirnya ya seperti yang terjadi saat ini.
Kasihan masyarakat yang tinggal disekitaran kaki Gunung Semeru.

*Buat masyarakat Indonesia yang berdomisili di sekitaran pegunungan, atau punya keluarga, sodara, teman yg tinggal di daerah dekat pegunungan, tolong jaga diri kalian ya, dan ingatkan keluarga, sodara, teman kalian, supaya mereka juga menjaga diri mereka msg².*

Sedih saya kalo sampai ada video berita seperti ini.. 😭
Saya menulis ini tangan gemetar, masih shock karena masih terbayang video berita ini.

Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah Swt.